Rajin Mencuci Tangan Dapat Membuat Kita Terhindar dari 5 Penyakit Ini

Rajin Mencuci Tangan Dapat Membuat Kita Terhindar dari 5 Penyakit Ini

Gerakan cuci tangan yang masif, putuskan penularan Covid-19

Rajin Mencuci Tangan Dapat Membuat Kita Terhindar dari 5 Penyakit Ini – Kebersihan adalah keadaan bebas dari kotoran, termasuk di antaranya, debu, sampah, dan bau. Di zaman modern, setelah Louis Pasteur menemukan proses penularan penyakit atau infeksi disebabkan oleh mikrob, kebersihan juga berarti bebas dari virus, bakteria patogen, dan bahan kimia berbahaya. Selain itu, kebersihan merupakan salah satu tanda dari keadaan hygene yang baik.

Manusia perlu menjaga kebersihan lingkungan dan kebersihan diri agar sihat, tidak berbau, tidak malu, tidak menyebarkan kotoran, atau menularkan kuman penyakit bagi diri sendiri mahupun orang lain. Kebersihan badan meliputi kebersihan diri sendiri, seperti mandi, gosok gigi, mencuci tangan, dan memakai pakaian yang bersih. Tangan adalah bagian tubuh yang hampir selalu kotor. Saat bersentuhan dengan orang, hewan, makanan, dan permukaan, tangan mengambil ribuan kuman, bakteri, virus, dan kotoran lainnya.

Yang dapat membuat kamu sakit jika kotoran ini memasuki tubuh. Banyak orang yang juga sering menyentuh mata, hidung, dan mulut dengan tangan tanpa di sadari, ini dapat memungkinkan inokulasi langsung kuman ke dalam selaput lendir. Mencuci adalah salah satu cara menjaga kebersihan dengan menggunakan air dan sejenis sabun atau detergen. Mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan produk kebersihan tangan merupakan cara terbaik dalam mencegah penularan influenza dan batuk.

Selain itu, mencuci tangan memiliki kekuatan untuk meminimalkan atau bahkan menghilangkan risiko tertular berbagai jenis penyakit bagi kamu sendiri dan orang-orang di sekitarmu. Lalu, kira-kira apa saja penyakit yang bisa di cegah penularannya melalui mencuci tangan? Jawabannya ada di penjelasan berikut ini.

1. Salmonellosis
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci TanganAlasan utama untuk lebih sering mencuci tangan adalah karena sering kali tanpa sadar kita menyentuh partikel kotoran, yang bisa menjadi media penyebaran salmonella. Di jelaskan dalam laman Medical News Today, salmonella merupakan bakteri yang hidup di usus hewan dan manusia, dan biasanya ditularkan melalui makanan yang terinfeksi yang belum sepenuhnya di masak atau di cuci bersih.

Salmonella menyebabkan penyakit salmonellosis yang juga bisa menyebar saat kamu tidak mencuci tangan atau peralatan setelah menyiapkan daging mentah, unggas, dan ikan; dan tidak mencuci tangan dengan benar setelah menggunakan kamar mandi atau mengganti popok bayi. Bakteri ini juga bisa menyebar saat menyentuh reptil, amfibi, atau hewan ternak yang terinfeksi. Yang kotorannya kemudian dapat menginfeksi apa pun yang kontak dengannya. Jika kamu tidak rajin menjaga kebersihan tangan, ini meningkatkan peluang untuk tertular salmonella.

2. Staph
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Staph disebabkan oleh bakteri yang biasa ditemukan pada kulit dan hidung orang sehat, tetapi dapat mengancam jiwa apabila bakteri tersebut masuk jauh ke dalam tubuh dan menginfeksi darah, persendian, dan jantung. Kondisi ini bisa menjadi sangat berbahaya jika individu terinfeksi jenis staph yang kebal antibiotik yang disebut Methicillin-Resistant Staphylococcus aureus (MRSA), menurut laman WebMD. Infeksi staph bisa tampak seperti bisul, lecet, atau sekadar kemerahan pada kulit. Bakteri yang membandel bisa hidup menempel pada benda mati, seperti handuk atau peralatan olahraga. Dengan mencuci tangan setelah menyentuh benda-benda atau sebelum makan, kamu sudah mengurangi risiko penularan bakteri ini.

3. E. coli
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

E. coli identik dengan konsumsi makanan, tetapi juga dapat di tularkan melalui kontak dengan orang atau hewan yang terinfeksi. Meskipun sangat menular, tetapi infeksi bakteri ini dapat di cegah dengan cara yang sangat mudah, yaitu cuci tangan sebelum makan. Penelitian yang di terbitkan dalam Journal of Food Protection menemukan bahwa mencuci tangan dengan air dingin, hangat, dan panas semuanya bekerja dengan baik untuk membersihkan bakteri E. coli. Di tambah, orang yang menggunakan losion secara teratur memiliki lebih sedikit bakteri setelah mencuci tangan. Hal ini di mungkinkan lantaran kemampuan losion untuk menyembuhkan kulit kering dan pecah-pecah. Memberikan lebih sedikit tempat bagi kuman untuk bersembunyi.

4. Norovirus
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Tertular satu saja partikel norovirus sudah mampu membuat kamu sakit. Untungnya, mencuci tangan dengan baik mampu mencegah berbagai ketidaknyamanan pencernaan yang di akibatkan oleh norovirus. Menurut Badan Kesehatan Dunia (WHO), cuci tangan lebih efektif dalam melawan norovirus di bandingkan menggunakan pembersih tangan berbasis alkohol atau membersihkan permukaan benda-benda. Menurut studi yang di laporkan di Royal Society Open Science, membersihkan permukaan hanya mengurangi penularan norovirus hingga maksimum 60 persen. Sementara itu, mencuci tangan dapat sepenuhnya mencegah penularan penyakit.

5. Flu
5 Penyakit yang Bisa Dicegah lewat Kebiasaan Mencuci Tangan

Kendati tidak seserius penyakit lain yang telah di sebutkan, flu tetap bisa menyebabkan ketidaknyamanan dan mengganggu aktivitas. Di lansir Scientific American, mencuci tangan dapat menurunkan risiko terkena penyakit pernapasan hingga 45 persen, sementara pembersih tangan tanpa bilas, seperti hand sanitizer, dapat di gunakan dalam keadaan darurat. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC), kamu bisa menggunakan hand sanitizer yang mengandung setidaknya 60 persen alkohol dan menggosoknya sampai kering.

Hand sanitizer juga hanya bekerja dengan baik jika sebelumnya tanganmu sudah cukup bersih dan tidak memiliki minyak atau kotoran.Ternyata, kebiasaan sesederhana mencuci tangan bisa memberikan dampak yang sangat besar. Jadi, untuk menghindari semua penyakit di atas. Pastikan kamu mencuci tangan setidaknya sebelum makan, sebelum menyentuh wajah, dan sebelum menyiapkan makanan.