5 Tips Meningkatkan Kadar Glutathione dalam Tubuh

5 Tips Meningkatkan Kadar Glutathione dalam Tubuh

Tips berolahraga saat pandemi covid-19 menyambut “new normal” – Zonautara

5 Tips Meningkatkan Kadar Glutathione dalam Tubuh – Glutathione adalah antioksidan yang di produksi oleh tubuh secara alami. Antioksidan memiliki peran penting dengan beragam manfaat dalam tubuh. Ada banyak manfaat glutathione yang penting bagi kesehatan, di antaranya mencegah kerusakan sel tubuh, memperbaiki sel dan jaringan tubuh yang rusak, serta menunjang sistem kekebalan tubuh.

Glutathione di produksi oleh hati dan sel-sel saraf di otak. Zat yang bersifat antioksidan ini terbentuk dari 3 jenis asam amino, yaitu L-cysteineglycine, dan L-glutamate. Selain di hasilkan secara alami oleh tubuh, glutathione juga bisa di peroleh dari makanan tertentu atau suplemen.

Sayangnya, kadar glutathione dalam tubuh secara alami menurun seiring bertambahnya usia. Kabar baiknya, kamu dapat melakukan sejumlah usaha untuk mempertahankan kadar glutathione dalam tubuh.

Di sini akan di berikan beberapa tips yang dapat membantu meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh.

1. Makan makanan kaya belerang
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Kadar Glutathione Tubuh

Belerang adalah prekursor glutathione dan berkontribusi pada sintesis glutathione dalam tubuh. Studi dalam jurnal Food Chemistry membuktikan bahwa jamur adalah salah satu sumber glutathione, ergothioneine, dan asam amino belerang.

Namun, kadar senyawa ini dapat sangat bervariasi tergantung pada spesies jamur. Makanan kaya belerang lainnya termasuk daging, telur, ikan, biji-bijian, bawang merah, bawang putih, brokoli, kangkung, dan kubis.

Selain itu, 250 gram brokoli kukus meningkatkan aktivitas enzim glutathione S-transferase, menunjukkan peningkatan kadar glutathione plasma, dan meningkatkan ketahanan stres oksidatif pada 10 laki-laki dewasa yang merokok.

2. Aktif secara fisik
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Kadar Glutathione Tubuh

Melakukan aktivitas fisik dapat mengurangi stres oksidatif dengan meningkatkan kadar glutathione. Penelitian dalam jurnal Free Radical Biology and Medicine mengamati bahwa individu paruh baya yang terlibat dalam aktivitas fisik secara teratur sepanjang hidup memiliki tingkat glutathione yang lebih tinggi.

Temuan tersebut juga mencatat bahwa olahraga meningkatkan konsentrasi glutathione di antara orang dewasa yang sebelumnya menjalani gaya hidup tidak aktif. Artinya, menjalani kehidupan yang aktif secara fisik dapat menghasilkan manfaat kesehatan jangka panjang.

3. Tidur yang cukup dan berkualitas
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Kadar Glutathione Tubuh

Tidur yang cukup penting untuk kesejahteraan tubuh secara keseluruhan. Sebaliknya, kurang tidur dalam jangka panjang dapat menyebabkan stres oksidatif hingga ketidakseimbangan hormon.

Penelitian juga membuktikan bahwa kurang tidur kronis dapat menurunkan kadar glutathione. Misalnya, sebuah penelitian dalam jurnal Progress in Neuro-Psychopharmacology & Biological Psychiatry yang mengukur kadar glutathione pada 30 orang sehat dan 30 orang dengan insomnia.

Mereka menemukan bahwa aktivitas glutathione peroxidase pada peserta yang mengalami insomnia secara signifikan lebih rendah. Oleh karena itu, mendapatkan tidur yang berkualitas setiap malam dapat membantu mempertahankan atau meningkatkan kadar glutathione.

4. Meningkatkan konsumsi susu dan produk susu
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Kadar Glutathione Tubuh

Susu dan turunannya mengandung protein beta-casein yang dipercaya dapat meningkatkan kadar glutathione dalam tubuh. Dalam sebuah studi di The American Journal of Clinical Nutrition, peneliti menemukan adanya hubungan antara konsumsi susu yang lebih tinggi dan konsentrasi glutathione yang lebih tinggi di otak orang dewasa.

Namun, peningkatan kadar glutathione bisa bervariasi tergantung pada jenis beta-casein. Susu mengandung bermacam-macam jenis protein beta-kasein. Variasi ini dipercaya mempengaruhi kadar glutathione dengan cara yang berbeda.

5. Meningkatkan konsumsi makanan yang secara alami kaya glutathione
Banyak Manfaatnya, Ini 5 Cara Alami Tingkatkan Kadar Glutathione Tubuh

Glutathione bisa juga didapat dengan mengonsumsi makanan yang merupakan sumber glutathione, seperti alpukat, bayam, melon, labu, dan asparagus. Hanya saja, tubuh kurang dapat menyerap glutathione yang didapat dari makanan. Selain itu, cara memasak dan menyimpan makanan juga memengaruhi jumlah glutathione pada makanan.

Kendati tidak memberikan dampak yang signifikan pada peningkatan kadar glutathione, mengonsumsi makanan kaya glutathione dapat membantu mengurangi stres oksidatif. Misalnya, sebuah studi non-eksperimental pada American Journal of Epidemiology menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan paling kaya glutathione memiliki risiko lebih rendah terkena kanker mulut.

Glutathione adalah antioksidan dalam tubuh yang jumlahnya dapat berkurang karena banyak faktor. Untungnya, kamu dapat mempertahankan kadar glutathione dengan melakukan langkah di atas.